Author Archives: Kadek Herda

Catatan Hanung Bramantyo tentang Sekolah

Ketika saya lulus SMP, saya pengen sekolah di sekolah yang saya suka. Sekolah favorit lah kata orang. Sekolah yang didalamnya ekskul nya keren-keren, apalagi Drama Atau teater. Sayangnya, Bapak saya justru menyekolahkan saya di tempat lain. Yang garing. Sekolah yang anti ama Seni. Apalagi Teater. Lalu saya ngambek. Bapak saya kemudian bilang : ‘Hei, nak! Kalo sekolahmu gak ada teaternya, ya kamu bikin. Jangan malah ngambek. Ajari Teman-Teman kamu biar menyukai keinginanmu’. Setelah itu, saya membentuk Teater dan berhasil meraih juara di festival Teater SLTA. Berat sih. Tapi menyenangkan.

Saat saya lulus kuliah, saya nyari Production House favorit yang bisa kasih kesempatan saya bikin film-film yang saya suka. Tapi saya tidak pernah diterima. Ditolak. Dianggap gak level. Lalu saya inget nasehat bapak. Setelah itu saya bikin sendiri PH yang bisa mewujudkan Karya-Karya sekaligus orang-orang yang mau belajar bikin film bersama. Jadi lah DapurFilm Production.

Setiap kali saya gak dapetin tempat yang saya mau, saya selalu inget nasehat Bapak. Jangan nyerah! bikin! Ujudkan! Tularkan! Ajarkan! Buktikan!

Jadi sejak kecil saya tidak kenal apa itu sekolah favorit, tempat favorit. Bapak saya selalu ngajarin kalo DIRI KITALAH yang bikin tempat jadi favorit. Bukan Mencari-cari sekolah favorit biar kita gaul sama anak-anak yang keren. Yang pinter-pinter. Gurunya cerdas tangkas menggelora. Tidak!

Ketika anak-anak saya sekolah, saya juga Tidak akan meminta anak2 saya ngejar sekolah Favorit. Tapi saya akan ajak anak-anak saya sekolah di tempat yang dekat dengan rumah. Bergaul dengan kawan-kawan yang gak harus semua pinter. Tapi kawan-kawan yang mau diajak belajar bareng. Sebelum pak Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nasional membuat kebijakan Zonasi Sekolah, saya sudah dididik oleh Bapak saya untuk selalu menciptakan sekolah favorit sendiri di rumah. Karena pendidikan yang paling Utama adalah di rumah. Ditengah keluarga. Terima Kasih ya pak. Semoga bapak tenang disisi Allah.

Buat pak Menteri Muhajir, lanjutkan perjuangan anda pak. Bismillah! Tidak mudah memegang amanah di negeri ini.

*Hanung Bramantyo Anugroho*

Iklan

Pretty Woman

Seorang ‘wanita yang sangat cantik’ masuk ke pesawat dan mulai mencari tempat duduknya. Dia memperhatikan bahwa tempat duduknya berada di sebelah seseorang yang tidak mempunyai kedua lengan tangan. Dia ragu-ragu untuk duduk di sebelahnya.

‘Wanita Cantik’ itu mengatakan kepada pramugari pesawat bahwa dia tidak bisa duduk di kursi dgn nomor yang sudah ditentukan dan bepergian dengan nyaman di sebelah orang yang tidak mempunyai kedua lengan tangan; dan meminta pramugari tersebut untuk mengganti tempat duduknya.

Pramugari tersebut bertanya, “Nyonya, apa saya boleh tahu alasannya”? ‘Wanita Cantik’ itu menjawab : “Saya tidak suka dgn orang seperti itu. Saya tidak suka duduk di sebelah orang-orang seperti itu dalam melakukan perjalanan”. Pramugari tersebut terkejut mendengar ini karena dari penampilannya, wanita ini tampak seperti orang dengan sopan santun yang tinggi.

‘Wanita Cantik’ itu memberi tahu pramugari tersebut lagi, bahwa dia tidak mau duduk di tempat tersebut dan meminta pramugari tersebut untuk mencarikan tempat duduk yang lain.

Pramugari tersebut meminta wanita itu untuk bersabar dan mengatakan dia akan mencoba yang terbaik untuk mengakomodasi permintaannya; dan mencari tempat duduk kosong. Tetapi dia tidak dapat menemukannya.

Pramugari tersebut kembali menemui wanita itu dan berkata, “Nyonya! Semua kursi di kelas ekonomi sudah penuh. Tapi untuk kenyamanan penumpang, kita selalu memberi yang terbaik untuk membuat penumpang kita semua puas”

Setelah mengatakan demikian, pramugari tersebut pergi menemui kapten pesawat.

Setelah beberapa waktu, pramugari tersebut kembali dan memberi tahu wanita itu, “Nyonya! Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan nyonya. Di seluruh pesawat ini, hanya ada satu kursi kosong dan itu ada di Kelas Satu (First Class).

Saya berbicara dengan tim kami dan kami mengambil keputusan yang sangat luar biasa. Ini kejadian pertama kali di perusahaan kami untuk memindahkan penumpang dari Kelas Ekonomi ke Kelas Satu (First Class) …”

‘Wanita Cantik’ itu menjadi sangat gembira dan sebelum wanita tersebut mengucapkan sepatah kata pun, … Pramugari tersebut beralih ke orang yang tidak memiliki kedua lengan dan berkata, “Tuan, bisakah anda pindah ke Kelas Satu (First Class)? Kami tidak mau anda mengalami musibah dengan duduk di samping orang yang kurang sopan ini.”

Mendengar ini setiap orang bertepuk tangan dan menyambut baik keputusan itu. ‘Wanita Cantik’ itu merasa sangat malu.

Kemudian orang itu berdiri dan berkata, “Saya adalah mantan prajurit dan saya kehilangan kedua tangan saya dalam ledakan bom saat melakukan operasi di perbatasan Kashmir. Pada awalnya, ketika saya mendengar wanita itu berbicara, saya berpikir : apakah saya mempertaruhkan nyawa saya untuk orang-orang semacam ini? Tapi setelah melihat tindakan kalian semua, saya merasa bangga karena saya kehilangan kedua tangan saya untuk negara saya.” Dan setelah berkata demikian, dia pindah tempat ke Kelas Satu (First Class).

‘Wanita Cantik’ itu tepekur di kursinya dan merasa sangat malu.

“Kecantikan tidak dalam apa yang terlihat di wajah dan tubuh. Kecantikan pada orang yang baik ada di dalam pikiran orang yang luhur.” (Beauty is not in what is seen in face and body. Beauty in a good person is in his/her lofty thoughts.)

Have a Good day all

Benih Hitam

Kisah nyata terjadi di AS….

Ada seorang wanita kulit putih yang hendak melakukan perjalanan dengan seorang putrinya yang berusia 6 tahun, mereka menaiki taksi yang dikemudikan oleh seorang pria kulit hitam.

Karena si anak tak pernah melihat orang kulit hitam sebelumnya, maka hatinya sangat ketakutan & bertanya pada ibunya:

“Ibu, apakah orang ini bukan penjahat? Mengapa kulitnya begitu hitam?”

Sopir tadi sangat sedih mendengarnya…

Saat itu pula, sang ibu berkata pada anaknya: “Paman Sopir ini bukan orang jahat, dia adalah orang yang sangat baik.”

Anak terdiam sejenak, lalu bertanya lagi: “Jika dia bukan orang jahat, lalu apakah dia pernah melakukan sesuatu yang buruk, sehingga kulitnya begitu hitam?”

Mendengar perkataan anak ini, mata pria kulit hitam itu berkaca kaca tetapi dia ingin tahu bagaimana wanita kulit putih itu menjawab pertanyaan putrinya tersebut.

Ibu ini menjawab: “Dia adalah pria yang sangat baik, juga tak pernah berbuat jahat. Bukankah bunga² di kebun rumah kita ada yang berwarna merah, putih, kuning & warna lainnya?

“Benar bu!”

Bukankah biji benih dari semua bunga tsb berwarna hitam?”

Anak ini berpikir sejenak, “Benar bu! Semuanya berwarna hitam.”

Benih hitam itu yang memekarkan bunga² berwarna warni yang indah, sehingga dunia menjadi penuh warna warni juga, bukankah begitu anakku?”

“Benar bu!” Anak ini seakan tiba² tersadarkan & berkata:
“Kalau begitu pasti paman sopir ini bukan orang jahat! Terimakasih paman sopir! Anda telah membuat dunia menjadi penuh warna warni, saya akan berdoa untukmu”

Anak polos ini lalu mulai komat-kamit berdoa, sopir kulit hitam ini tak bisa menahan diri lagi untuk tidak mengalirkan airmata.

⚠ PENJELASAN YANG BIJAK, MEMBUAT PENGERTIAN YANG MENDALAM.

⚠ SUDAH BIJAKSANA KAH KITA MEMBERIKAN PENJELASAN² TERHADAP ORANG² YANG ADA DISEKITAR KITA???!!

⚠ SEHINGGA MENENANGKAN DAN MENDAMAIKAN SUASANA, TAK ADA LAGI SALING CURIGA, MENGHUJAT & PRASANGKA BURUK.

⚠ ⚠ Disinilah diperlukan untuk melihat ke DALAM DIRI kita masing², apakah pikiran, ucapan & perbuatan telah selaras.

Semoga bermanfaat…

Kedermawanan yang Tertukar

Seorang wanita bertanya pada penjual telur yg sudah tua, “Berapa harga telurnya?”
Penjual telur menjawab, “Satu butir harganya Rp 2.500, Nyonya.”
Wanita itu berkata, “Saya mau mengambil 6 butir tapi dengan harga Rp 12.500 atau kalau ngga ya udah, ngga jadi beli.”
Penjual telur menjawab, “Baiklah, mungkin ini awal yg baik karena dari tadi tak ada satupun telur yg berhasil saya jual.”

Wanita itu mengambil telur2 tersebut dan berjalan dengan perasaan senang bahwa dia sudah menang. Kemudian dia masuk ke dalam mobil mewahnya dan pergi ke restoran bersama temannya. Di sana, dia bersama temannya memesan apapun yg mereka sukai. Mereka makan sedikit dan menyisakan banyak dari apa yg sudah mereka pesan. Kemudian wanita tersebut membayar tagihannya. Tagihannya sebanyak Rp 460.000. Dia memberikan uang Rp 500.000 dan berkata bahwa kembaliannya untuk sang pemilik restoran saja.

Kejadian seperti ini mungkin terlihat normal bagi pemilik restoran, tapi sangat menyakitkan bagi penjual telur yg sudah tua.

Intinya adalah: “Mengapa kita selalu menunjukkan bahwa kita punya kuasa ketika kita membeli dari orang2 yg membutuhkan? Dan kenapa juga kita jadi dermawan kepada orang2 yg bahkan tidak membutuhkan kedermawanan kita?”

Suatu ketika saya pernah membaca:
“Ayahku biasa membeli barang2 remeh-temeh dari orang miskin dengan harga tinggi, walaupun dia tidak membutuhkan barang2 tersebut. Kadang2 dia bahkan membayar lebih untuk itu. Aku tertarik pada hal ini dan lantas bertanya mengapa dia melakukannya? Kemudian ayahku menjawab, ‘Anakku, ini adalah sedekah yg terbungkus dengan harga diri.'”

Salam Selamat Pagi

Semangat pagi The winners…
✴🌿 *_Mengapa SALAM PAGI itu penting !!!_*

_Seorang dokter dari Tiongkok, Dokter Bhao, memberi saran agar selalu menjalin pertemanan atau silaturahmi sebanyak- banyaknya._

_Hanya dengan memberi salam *Selamat Pagi*, dapat mengaktifkan hormon-hormon penting yang memberi efek positif pada tubuh karena munculnya rasa sukacita, akibat dalam bawah sadar mengingat betapa senangnya pertemanan ini._

_*”Kalau banyak kawan sungguh baik untuk kesehatan”*_

_Pertemanan itu penting. Mereka adalah berkah bagi kita ketika melewati hari-hari yg baik dan juga hari-hari yg buruk. Jadi, mereka mendukung kesehatan kita._

_Meskipun masing-masing teman memiliki karakter yg berbeda-beda dengan segala kelebihan dan kekurangannya, mereka seolah seperti sekumpulan obat *’Anti Stres’* yg kita minum setiap hari._

_Hasil riset mengatakan,_
_*”Orang-orang yg pergaulannya luas jarang DEPRESI atau terkena STROKE.*_

Hangatnya rasa _*”PERSAHABATAN”*_ _mampu menghentikan stres dan mengurangi 50% resiko terserang penyakit jantung._

*_Hati yang gembira adalah obat yang manjur,_*
_tetapi semangat yang patah akan mengeringkan tulang._

*_Jangan sepelekan SALAM dan ucapan SELAMAT PAGI_*
*Selamat pagi sahabat semua*🙏

Kehidupan Orang Bijak

Dalam hidup,
kita bukan sekedar harus menjadi kuat, pandai & terampil.

Dalam hidup,
kita bukan sekedar harus menjadi sosok yg di banggakan dan di damba²kan,

tapi kita juga harus tahu kapan
kita harus berhenti sejenak untuk berjalan atau berjuang, bukan untuk menyerah,
apalagi kalah.

Kita berhenti sesaat untuk “memastikan” apakah kita sanggup terus berjalan,

Kita berhenti sejenak untuk “memikirkan” kapan waktu yg tepat untuk kembali melangkah.

Tak akan mungkin kita sanggup mendaki Mount Evrest tanpa jaket,
Tak akan mungkin kita sampai puncak Himalaya tanpa berhenti untuk berkemah.

Kita berhenti sesaat untuk memikirkan apa yang terbaik bagi diri kita saat melawan gelombang kehidupan,
karena gelombang itu akan berubah setiap hari, & kita tidak harus berhenti pula setiap hari.

Berhentilah saat tiba² “gelombang” itu begitu menakutkan & teramat berat utk kita lalui dalam beberapa menit.

Jika sudah mereda,
lanjutkan perjalanan panjang ini dengan Ketenangan & Rangkaian Pilihan bijak.

Orang hebat bukanlah orang yang suaranya paling besar, temannya paling banyak, ilmunya paling tinggi,
hartanya paling berlimpah,

tapi orang hebat adalah orang yg tahu kapan ia harus berjalan,
dan kapan ia harus berhenti di setiap hal dalam hidupnya.

Kehidupan bukanlah sekedar rutinitas,
kehidupan adalah kesempatan untuk kita Mencurahkan Potensi diri kita untuk orang lain.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita Berbagi Suka & Duka dengan orang yang kita sayangi.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita bisa Mengenal orang lain.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita Mencintai orang tua kita, pasangan kita, saudara,
serta berusaha Belajar Mengasihi sesama kita.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita Belajar & Terus Belajar tentang arti kehidupan.

Kehidupan adalah kesempatan untuk kita selalu Mengucap Syukur.

Selamat pagi temans 🌺
Tuhan memberkati 🙏

Doa yang Tidak Egois

Suatu kali seorang anak sedang mengikuti sebuah lomba mobil balap mainan. Hari itu suasana sungguh meriah karena itu adalah babak final dan hanya 5 orang yang masih bertahan, termasuk Kevin. Sebelum pertandingan dimulai Kevin menundukkan kepala, melipat tangan dan berkomat kamit memanjatkan doa. Pertandingan dimulai, ternyata mobil balap Kevin yang pertama kali mencapai gar…is finish. Tentu Kevin girang sekali menjadi juara.

Saat pembagian hadiah, ketua panitia bertanya, “Hai jagoan, kamu pasti tadi berdoa kepada Tuhan agar kamu menang bukan?”

Kevin menjawab, “Bukan pak, rasanya tidak adil meminta pada Tuhan untuk menolong mengalahkan orang lain. Aku hanya minta pada Tuhan, supaya aku tidak menangis kalau aku kalah.”

Semua hadirin terdiam mendengar itu.

Setelah beberapa saat, terdengarlah gemuruh tepuk tangan yang memenuhi ruangan.

Permohonan Kevin ini merupakan doa yang luar biasa. Dia tidak meminta Tuhan mengabulkan semua harapannya, namun ia berdoa agar diberikan kekuatan untuk menghadapi apapun yang terjadi dengan batin yang teguh.

Seringkali kita berdoa pada Tuhan untuk mengabulkan setiap permintaan kita.

Kita ingin Tuhan menjadikan kita nomor satu, menjadikan yang terbaik dalam setiap kesempatan.

Kita meminta agar Tuhan menghalau setiap halangan dan cobaan yang ada di depan mata. Tidak salah memang, namun bukankah semestinya yang kita butuhkan adalah bimbingan-Nya dan rencana-Nya yang paling sempurna dalam hidup kita?

Sahabatku, Seharusnya kita berdoa minta kekuatan untuk bisa menerima kehendak Tuhan yang sempurna sebagai yang terbaik dalam hidup kita.

TUHAN YESUS Mengasihi, Memberkati & Menyertai sobat PELAKU FIRMAN selalu…

[ Zhang Xue Mi ]