Mintalah Pada Bapamu yang di Sorga

Mat 7:7-11

7  “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

8  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

9  Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,

10  atau memberi ular, jika ia meminta ikan?

11  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Tragedi karena tidak berdoa

Cenderung melupakan Tuhan. Tragedi dapat terjadi dalam waktu singkat karena kurangnya persekutuan dengan Tuhan.

Berapa kalikah kita perlu berdoa setiap hari? Apa sajakah yang bisa kita bawa dalam doa kita?

Sesungguhnya manusia memang tidak mau mencari Tuhan. Kalaupun ia mencariNya, ia melakukannya menurut cara yang dianggapnya benar. Lebih parah lagi, walaupun dipanggil oleh Tuhan, mereka berani menolak dengan berbagai alasan. (Luk 14:18-20)

Sadar atau tidak, kita sering melupakan doa. Dalam hati mungkin kita berkata:

Tuhan tahu yang kita perlukan, itu sudah cukup

Sebentar setelah ini atau itu saya akan berdoa. Menunuda-nunda saat berdoa dengan Tuhan

1. Tuhan menyuruh kita untuk berdoa

Dalam Lukas 14:18-20 Tuhan Yesus menggambarkan dengan terus terang bagaimana Allah mencari manusia dan mengundang mereka menikmati persekutuan dengan Allah. Dan banyak lagi ayat dalam Alkitab yang menyatakan Tuhan mengundang kita, memanggil kita! Dan bacaan ini juga berisi undangan Tuhan kepada kita Disampaikan tiga kali untuk menekankan keseriusan Allah mengundang kita. Sama seperti ketika Yesus bertanya kepada Petrus sampai tiga kali, adalah untuk menegaskan pertanyaanNya

2. Tuhan berjanji kalau kita berdoa! Diberikan untuk setiap undanganNya

Ada berapa janji Tuhan dalam bacaan ini? Akan diberikan, Kamu akan mendapat, Pintu akan dibukakan dan Ia akan memberikan yang baik

3. Setiap orang dapat memintanya sendiri

Ada penekanan kata ‘setiap orang’ pada perkataan Yesus itu. Tentu yang dimaksud adalah setiap anak Tuhan. Bukan orang yang belum percaya dan belum menerima Dia.

Kita semua tahu kalau kita boleh dan bisa berdoa langsung. Tetapi kadang-kadang kita tergantung pada orang lain karena merasa diri tidak pantas. Meminta orang lain berdoa untuk kita itu tidak salah dan bahkan itu baik karena akan mempererat persekutuan. Tetapi kalau meminta orang lain berdoa karena menganggap kalau kita berdoa sendiri, maka Tuhan tidak akan mengabulkan, itu salah.

Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

4. Kristus adalah dasar doa yang benar.

Ay. 11 …  Ia(Bapamu yang di sorga!) akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

Bagaimanakah Allah menjadi Bapa kita? Hanya ada satu jalan, Allah dapat menjadi Bapa kita dan kita menjadi anakNya yaitu melalui Yesus Kristus.

Yoh 8:42 Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Yohanes 14:13  …dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

5. Pertanyaannya; Apakah Bapa akan memberikan semua yang diminta anak-anakNya?

Tidak!

Kita sering melihat kejengkelan anak-anak kalau permintaan mereka tidak dikabulkan. Ada yang mau menerima penjelasan kita tetapi ada yang pergi dengan kesal ‘ngambul’

Ay. 11 … Ia akan memberikan yang baik. Allah tidak memberikan permintaan kita yang Allah anggap tidak berguna bagi kita. Walaupun kita seperti memaksa. Allah hanya akan memberi yang baik bagi kita. Ingatlah bahwa Dialah Allah, bukan kita. Jadi Dia yang berhak menentukan, bukan kita. Rendahkanlah diri di hadapanNya dan mintalah dalam doa bukan memerintah Allah untuk memenuhi keinginan kita.

GBII Nusa Dua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s