Bagaimana Memotivasi Diri

 

Marilah kita belajar memberikan penghargaan pada diri anda sendiri pada saat anda berhasil menyelesaikan suatu tugas. Hal ini akan memberikan energi positif pada diri anda.

Artikel ini akan mengajarkan pada anda bagaimana dengan memuji diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan sebuah tugas akan dapat memberikan energi positif utk tetap berkarya dengan lebih baik lagi.

Perhatikan bagaimana puasnya perasaan anda saat berhasil menyelesaikan sebuah tugas. Sehingga membuat tugas yg semula terasa berat, menjadi tugas yg betul-betul dapat dinikmati. Dan perasaan puas itu akan membuat anda menjadi lebih semangat untuk menyelesaikan tugas berikutnya.

Untuk bisa medapatkan kepuasan itu, cobalah dari hal-hal sepele dulu. Karena menyelesaikan hal-hal kecil tidak akan membutuhkan “keberanian” yg besar, yg justru akan membuat anda patah semangat bahkan sebelum anda memulainya.
Ulangi beberapa kali dalam melakukan hal-hal kecil itu sampai anda merasa puas dengan hasilnya. Bila anda sudah merasa puas dengan hasil pekerjaan anda, maka anda akan telah mengumpulkan energi untuk bisa melanjutkan tugas-tugas yg sedikit lebih berat.

Maka pekerjaan yg semula terasa besar dan berat, bila diselesaikan dengan langkah-langkah kecil namun memuaskan, tugas berikutnya akan terasa lebih ringan.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda bisa secara bertahap meningkatkan momentum Anda dengan tugas-tugas kecil. Segera setelah Anda siap, anda dengan mudah dapat menyelesaikan tugas-tugas yg lebih besar.
Tugas yang ideal untuk membangun momentum:
1. Menyirami tanaman
2. Hapus e-mail yg tak perlu
3. Pelajari satu kata dalam bahasa asing
4. Membacakan buku cerita untuk anak anda
5. Posting sebuah kutipan inspirasional di Twitter atau Facebook
6. Mencuci kendaraan anda
Dengan hanya melakukan satu atau dua tugas kecil itu saja, anda akan dapat mengumpulkan semangat Anda untuk kemudian termotivasi melakukan pekerjaan besar, karena Anda tahu, hadiah untuk anda sudah menunggu di sudut sana.

Bayangkan bahwa momentum Anda diwakili oleh roda berputar.Setiap tugas kecil yg telah anda lakukan akan mendorong roda anda. Secara kumulatif ini akan menambahkan peningkatan yang sangat besar dalam semangat Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih menuntut.
Jika Anda tidak mulai mengumpulkan energi dengan mengerjakan tugas-tugas kecil, roda motivasi anda secara bertahap akan melambat dan berhenti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s