Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris

Penguasaan bahasa asing memang soal kebiasaan. Bagi kita yang tinggal di negara ESL (English as Second Language), membiasakan diri berbahasa Inggris bukan perkara gampang.

Sebetulnya cara paling cepat menguasai bahasa asing adalah dengan tinggal di negara aslinya. Tapi untuk itu butuh paspor, visa, rekening gendut, dan dengkul sekuat Gatot Kaca. Jadi kita coret saja cara ini. Yuk, kita pakai cara asyik belajar bahasa Inggris… dgn cara gampang!

Nonton Film
Saat nonton film, dengarkan dan perhatikan tiap kalimat (pola maupun kosakata), lalu secepat kilat geser mata ke teks terjemahan. Sesuaikan jenis film dengan apa yang Anda ingin pelajari.

Untuk belajar grammar, tonton film-film Inggris.Untuk belajar komunikasi sehari-hari, tonton film-film Amrik. Untuk belajar rude slang, tonton film-film tentang gangster dan perampokan.
Setelah itu,

Baca 2 Versi Buku
Pertama, baca versi asli buku berbahasa Inggris. Kalaupun banyak kosakata yang Anda belum kenali, cuek saja. Minimal otak bakal ingat. Setelah tuntas, baca versi terjemahan. Sekaligus untuk mempelajari arti kosakata yang aneh-aneh tadi.

Oke, ini lebih time-consuming. Tapi beginilah cara saya belajar. Lebih menyenangkan ketimbang kursus dan lebih murah ketimbang kuliah Sastra Inggris.

Cara lain yang tak kalah asyiknya,

Update Status
Di setiap attention whore nirvana (twitterplurkfacebook, dll) yang Anda ikuti,update status dalam bahasa Inggris. Akan ada saja orang yang kelewat iseng untuk memperbaiki kalimat Anda.

Dan terakhir,

Berpikir dalam Bahasa Inggris
Saya sering melakukannya, dan sangat membantu lho.

Jangan Malu, Jangan Takut!
Bahasa itu, cuma alat komunikasi. Yang penting komunikan paham, bodo amat biarpun bahasa Inggris Anda belepotan. Toh, bahasa Indonlish (Indonesian English) jauh lebih oke ketimbang Singlish (Singaporean English)Inglish (Indian English), apalagi Malinglish (Malingsian English). Masih bisa dipahami. Jadi jangan malu, jangan takut. Speak Englishwrite English. Nantinya pasti terbiasa, lalu jago.

source: http://www.ruangfreelance.com/2009/09/10/cara-asyik-belajar-bahasa-inggris/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s