Pertolongan Tuhan

Keluaran 17:8-16

Sikap untuk menghadapi persoalan/musuh (ay8-9)

“Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek”

Setiap orang Kristen harus siap menghadapi berbagai persolan, bersikap optimis. Bukan menghindari masalah tetapi mencari penyelesaiannya. Langkah-langkah yang benar sesuai  ay 8-9 adalah mempersiapkan diri , hadapi persoalan dengan iman. Dan Tuhan berkenan kepada orang yang optimis.

Keberhasilan yang besar hanya mungkin, bila dikerjakan dengan kerjasama (ay 9,10,12)

Yosua memimpin peperangan sedangkan Musa, Harun dan Hur naik ke puncak gunung untuk berdoa. Keberhasilan akan tercapai dengan kerjasama. Tidak mementingkan diri sendiri tetapi mengutamakan kepentingan bersama. Setiap orang dipersiapkan untuk melayani Tuhan pada bidang mereka masing-masing hendaklah kita saling mendukung satu dengan yang lain. Nasehat yang sama kita dapat temukan dalam perjanjian baru;   Gal 6:2  Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Yakobus 5:16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Milikilah tujuan hidup yang pasti/jelas  (ay 15-16)

Orang percaya memiliki tujuan hidup untuk memuliakan Tuhan. Dengan segala perbuatannya, orang-orang Kristen dengan suka cita menaati Firman Tuhan karena Tuhan telah menganugerahkan keselamatan kepadanya. Hal yang berbeda dengan tujuan hidup orang yang belum mengenal Tuhan sebagai Juruselamat. Segala perbuatan mereka ditujukan untuk memperoleh ’keselamatan’

Rasul Paulus berkata dalam  Gal 2:20 “ namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s