Dipenuhi oleh Roh Kudus

roh kudus

Siapakah Roh Kudus itu?

Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus adalah satu. Tiga dalam satu dan satu di dalam ketiganya atau disebut dengan istilah Tri Tunggal

Roh Kudus adalah Allah sendiri dgn bukti2 sbb:

–  Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.  Yoh 1: 14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, 

–  2Kor 3:17  Sebab Tuhan adalah Roh

–  1Kor 3:16  Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Jadi jelas bahwa Roh Kudus adalah Allah sendiri. Coba bayangkan Sang Pencipta Langit dan Bumi ada di dalam kita! Seharusnya kita gemetar bercampur sukacita!

Dipenuhi sama dengan dikuasai penuh ke seluruh tubuh, roh dan jiwa.

– tidak ada bagian yang kosong

– tidak setengah penuh

– mencakup segala segi kehidupan

Dalam keterbatasan dan berbagai kesulitan hidup, sesungguhnya semua orang pasti ingin dipenuhi oleh Roh. Apapun motifnya atau tujuannya. Tetapi tidak semua bisa dipenuhi oleh Roh Kudus walaupun ia sudah menerima Kristus dalam hidupnya. Lalu bagaimana caranya?

Cara agar dipenuhi oleh Roh dan bukti dipenuhi oleh Roh

   1.Taat pada Firman yang benar disertai  doa.

Ay. 1 …semua orang percaya berkumpul di satu tempat… karena mereka taat kepada perintah Yesus; “Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa,.. (Kis.1:4)

Melakukan Firman Allah bukan atas penafsiran sendiri, demi kepentingan sendiri.

Yak 4:13-14;Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung,”14  sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

-Bukan pula atas petunjuk orang yang belum tentu kebenarannya. Rm 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Bukan hanya makanan jasmani tetapi juga makanan rohai Luk 11:3  Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya

Ada banyak janji Tuhan yang dapat kita pegang.
Kis 1: 5  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

   2. Bersedia Menerima Kepenuhan Roh Kudus.

Ay. 3 … lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

– Menerima didasari atas kerinduan yang benar.

Sesunguhnya kita sering mengharapkan kuasa Allah. Kita menghayal menjadi orang yang serbabisa dan hebat. Sampai tidak jelas lagi apa memang kita membutuhkan itu atau hanya sekedar menginginkannya. Dan juga tidak jelas tujuannya apa?  Apapun yang kita punya adalah anugerah Tuhan untuk kemuliaan Tuhan, Iblis akan selalu membisikkan ke telinga kita bahwa kita pantas mendapatkan hormat/bagian dari kemuliaan itu.

– Memiliki Tujuan yang Jelas

Sedangkan kuasa yang kita terima (kalau diberi) adalah kuasa agar orang lain diselamatkan.
Acts 1: 8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

   3. Memberi diri dikuasai oleh Roh Kudus.
Ay. 4…lalu mereka mulai berkata-kata …, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Orang yang memberi diri

Gal 5:25  Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Orang yang tidak memberi diri

Ephesians 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh
Yang terburuk: Menghujat Roh Kudus

Mrk 3:29  Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.”

Tindakan ini sama dengan menolak Allah, karena tidak mengakui Allah sebagai yang Mahatinggi, satu-satunya yang berkuasa. Menolak Allah sama dengan menganggap dirinya lebih tinggi dan lebih berkuasa dari Allah. Sikap yang berasal dari Iblis, yaitu pemberontakan kepada Allah karena merasa diri lebih tinggi.

   4. Menjadi berkat adalah bukti depenuhi oleh Roh Kudus

-Bukti yang langsung tampak

Ay. 4 …berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain…

Dimulai dari tutur kata, sebagai alat komunikasi paling utama kita menjadi berkat bagi orang lain. Diikuti dengan buah-buah lain dari Roh yang hidup di dalam kita.

Kis 4:20  Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar.”

– Bukti yang bisa langsung terjadi atau berangsur-angsur

Galatia 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

GBII Nusa Dua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s