Pemulihan Hubungan dengan Allah

Mz 130:1-8

2 Tawarikh 7:14

“…dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Saat yang paling sering kita berdoa adalah saat kita memerlukan pertolongan Tuhan. Kesusahan, penderitaan, tekanan hidup, masalah pekerjaan, ekonomi dan keluarga membuat kita ingat kepada Tuhan.  Tetapi ada saat lain dalam hidup kita justru menghindar dari Tuhan walaupun kita ada dalam masalah. Yaitu saat kita telah sengaja berbuat dosa atau mungkin tidk sengaja tetapi merasa nyaman menikmatinya. Kita berharap agar waktu membuat Tuhan lupa aka dosa kita itu. Ada perasaan malu untuk berdoa atau sengaja tidak berdoa. Akhirnya perlahan-lahan kita semakin menjauh dari persekutuan yang indah dengan Tuhan.

Yeremia 5:25   Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu.

Anak Tuhan tidak dapat kehilangan keselamatannya yang kekal, tetapi setiap saat dapat kehilangan sukacita dan persekutan yang indah dengan Tuhan.

Apakah yang seharusnya kita lakukan agar kita kembali merasakan persekutuan dengan Tuhan?

Pemazmur mengatakan dirinya berseru kepada Tuhan dari jurang yang dalam. Menggambarkan betapa jauhnya hubungannya dengan Tuhan. Namun demikian kita melihat dari ayat 1-4 bahwa ia berdoa kepada Tuhan. Selanjutnya ayat 5-8 ia menantikan jawaban atas doa yang telah dinaikkannya. Ingatlah…dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Yohanes 14:13

Marilah kita melihat hal Tuhan kehendaki agar kita lakukan dari 2 Tawarikh 7:14

Pertama Tuhan mengatakan bahwa kita adalah UmatNya

UmatKu yang atasnya NamaKu disebut kita bukan orang lain tetapi Umat Tuhan.

Yeremia 30:22  Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu.”

2 Korintus 6:16  … “Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.

  1. Merendahkan Diri

Hanya ada satu cara untuk mendapat belas kasihan Tuhan adalah merendahkan diri. Sikap berdoa kita yang menundukkan kepala adalah tanda bahwa kita merendahkan diri kita di hadapan Tuhan. Tuhan menetang orang yang congkak, yang merasa dirinya mampu, pintar, kuat dan berkuasa.

  1. Berdoa dan mencari wajahKu

Berdoa adalah berbicara dengan Allah. Jangan menjauhkan diri dengan Allah. Tidak menyapa Allah membuat hati Allah terluka. Ia telah menebus kita dan mengangkat kita dari lumpur dosa dan dijadikanNya kita sebagai anakNya. Allah akan sangat sedih apabila kita memperlakukanNya seperti itu.

Mencari wajah Tuhan, adalah mencari kemurahanNya, mencari kehendak Allah, mencari kemauan Allah.

Janganlah kita mencari Allah ke mana-mana. Ia ada dekat dengan kita, ingat kita adalah anakNya.
Yesaya 45:19  Tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi atau di tempat bumi yang gelap. Tidak pernah Aku menyuruh keturunan Yakub untuk mencari Aku dengan sia-sia! Aku, TUHAN, selalu berkata benar, selalu memberitakan apa yang lurus.”
Hanya orang yang tidak mengenal Allah yang mencarinya di tempat-tempat yang gelap, yang angker, di gua-gua dsb.
Yesaya 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

  1. Berbalik dari jalan-jalannya yang jahat

Berbalik dari jalan yang jahat adalah bertobat. Bertobat tidak hanya terhadap satu perbuatan jahat tetapi semua kejahatan, itulah sebabnya dikatakan jalan-jalannya yang jahat.  Tetapi bertobat adalah menyadari segala kesalahan, mengakuinya dan minta ampun, lalu berkomitment untuk tidak melakukannya lagi.
Amsal 18:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.
Yesaya 55:7  Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

Maka Allah akan:

  1. Mendengar

Mazmur 66:19  Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan.

  1. Mengampuni dosa

1 Yohanes 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Memulihkan.
Yeremia 33:6  Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.

GBII Nusa Dua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s