Ujian Biji Kacang Hijau

Seorang bos di suatu perusahaan menguji semua calon karyawannya untuk mengetahui kepribadian mereka. Bos ini memberikan sejumlah kacang hijau yang telah direbus kepada mereka,katanya : “Aku memberikan pada kalian satu biji kacang hijau per orang untuk kamu tanam,2 minggu lagi aku mengharapkan tunas kacang hijau yang terbaik dari kalian.”

2 minggu kemudian mereka dikumpulkan kembali dan sang bos menemukan 4 kelompok orang :

Yang pertama ialah mereka yang tidak kembali lagi kepada sang bos karena merasa gagal tidak dapat menumbuhkan biji kacang hijau tersebut.

Yang kedua ialah mereka yang kembali dan mengatakan alasan bahwa biji kacang hijau yang mereka terima itu mati tetapi mereka tidak melakukan apa-apa hanya membawa biji mati itu untuk dikembalikan kepada sang bos sambil menyalahkan dia.

Yang ketiga ialah mereka yang menipu mengganti biji kacang hijau tersebut dengan biji kacang hijau yang lain kemudian mengaku telah menumbuhkan biji itu dengan cara hebat mereka.

Dan yang terakhir dan hanya satu orang yang membawa kembali biji mati tersebut dengan sebuah tunas dari biji yang lain sambil mengatakan:”Pak biji yang bapak berikan kepada saya kemungkinan telah mati, saya berusaha menanamnya dengan segala cara tetapi tidak berhasil, Saya telah menumbuhkan biji kacang hijau yang lain sebagai ganti biji mati bapak ini.”

Demikianlah kita ada dikelompok mana?

Apakah kelompok pertama yang didominasi oleh orang-orang yang pesimis yang ketika ada masalah mereka langsung melarikan diri bahkan tanpa introspeksi untuk melihat penyebab masalah tersebut?

Atau kelompok kedua yang didominasi oleh orang-orang yang hanya mampu melihat penyebab semua masalah kemudian menyalahkan orang lain tetapi tidak mau melakukan apapun?

Atau kelompok ketiga yang menghalalkan segala cara untuk menyelesaikan masalah yang ada yaitu orang-orang yang menganggap sebuah kelicikan sebagai kecerdikan?

Atau kelompok keempat yang melihat penyebab masalah kemudian berusaha menyelesaikan masalah tetapi tetap berpegang teguh pada kejujuran dan kebenaran?

I Hope You all the fourth….

GBU All.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s