Yesus Kristus adalah TUHAN yang Sejati

Yesus Kristus adalah TUHAN yang Sejati

Bacaan Yoh 1:1-18

Topik kita malam ini adalah untuk menguatkan kepercayaan kita kepada TUHAN yang benar dan mahakuasa. Di kalangan orang belum mengenal TUHAN yang benar, ada semacam rasa penasaran bahkan antipati karena orang Kristen dianggap itu menyembah banyak Tuhan. Bahkan orang Kristen pun sering ragu atau tidak mampu menjelaskan apabila ada orang bertanya tentang hal ini. Marilah kita perhatikan penjelasan firman TUHAN malam ini.

Pertama, Yesus Kristus adalah Allah yang Mahakuasa.

Dimulai dengan adanya Firman, dan FIRMAN itu sendiri adalah ALLAH. Perhatikanlah kata FIRMAN, yaitu perkataan yang keluar dari ALLAH. Di dalam Firman itu ada kuasa karena Allah bersama-sama dengan Firman itu dan Firman itulah Allah. Pada ay.14 Dengan tegas disebutkan yang adalah Allah itu telah menjadi manusia. Dan diam di antara kita. Dialah Yesus Kristus yang disebut sebagai Anak Allah. Sebagaimana seseorang mewarisi sifat keturunan dari bapaknya, demikianlah Yesus adalah Anak Allah karena di dalam dia ada segala kepenuhan ALLAH, Dia adalah Allah sejati!

Kol 2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

Istilah Anak digunakan karenaYesus membawa segala sifat ALLAH yang sempurna. Itulah sebabnya ketika orang Filipus bertanya kepadaNya,

“Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa (Yoh. 14:8-9)

Inilah penyataan yang sangat terang bagi kita tentang ANAK ALLAH. Allah tidak kawin atau mempunyai anak dengan sendirinya, sebagaimana pengertian dengan akal manusia yang sangat terbatas.

Kedua, di dalam Dia ada HIDUP

Satu lagi kata yang kita gunakan dalam penertian kita yang terbatas adalah kata HIDUP. Secara sederhana kita mengatakan seseorang atau seekor binatang itu hidup apabila ia nampak masih bernafas, bergerak atau ada aktifitas biologis pada tubuhnya. Atau mati, apabila sudah tidak bernyawa lagi. Tetapi yang dimaksud HIDUP dalam pandangan ALLAH dan pengertian Kekristenan adalah persekutuan dengan TUHAN. Bukan persatuan! Janganlah kita terkecoh pada istilah ini, karena ada pandangan tentang seseorang yang telah mati apabila didoakan atau diupacarai akan bersatu dengan TUHAN.

Perhatikanlah ucapan Yesus dalam Yoh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Dan Yoh 6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Ketiga, hidup itu memancarkan terang bagi manusia.

Terang atau cahaya yang dipancarkan dari sesuatu yang bercahaya. Seperti, lampu, bintang dan matahari. ALLAH adalah sumber cahaya dan dari DIA memancar terang kemuliaan yang memenuhi semesta. Ketika Adam dan Hawa mengambil keputusan untuk tidak mematuhi Allah saat itu ia telah terpisah dari ALLAH. Tidak dapat bersekutu dengan ALLAH dan seketika itu ia kehilangan kemuliaan ALLAH. Ia bersembunyi dari cahaya kemuliaan Allah. Bukan hanya Adam dan Hawa, tetapi semua keturunannya dan bahkan seluruh isi dunia telah tercemar oleh dosa sehingga di dalam dunia ini tidak ada terang, tidak ada kemuliaan Allah. Rm 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Sebagaimana Allah datang mencari dan memanggil Adam demikian juga Dia datang dan memanggil kita di dalam Kristus. Supaya kita kembali kepada terang itu. Kembali kepada kemuliaan yang ALLAH sediakan bagi kita sejak semula. Di dalamYesus kita memperolehkembali kemuliaan Allah yang diberikan kepada kita.

Ibr 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan.

GBII Nusa Dua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s