Dark Chocolate

dark chocolate

Para ilmuwan menemukan bahwa mengkonsumsi sejumlah kecil coklat hitam dapat meningkatkan kesehatan dengan cara yg sama dengan berolahraga.

Mereka yg memilih utk makan coklat daripada berolahraga dapat berlega hati karena penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh dengan membandingkan keduanya tidak jauh berbeda.

Epicatechin, senyawa yg terkandung dalam tanaman coklat tampaknya mampu merangsang respon otot yang sama seperti kegiatan berolahraga. Peneliti berfokus pada mitokondria,pembangkit kecil dalam sel yang menghasilkan energi.

Dr. Moh Malek dari Wayne State University di Detroit, yang memimpin studi di Amerika Serikat pada tikus, mengatakan: ” Mitokondria menghasilkan energi yang digunakan oleh sel-sel dalam tubuh. Bertambahnya mitokondria berarti lebih banyak energi yang diproduksi, lebih banyak pekerjaan yang dapat dilakukan.”
“Olahraga aerobik, seperti berjalan atau bersepeda, diketahui dapat meningkatkan jumlah mitokondria dalam sel otot. Studi kami telah menemukan bahwa epicatechin tampaknya membawa respon yang sama, terutama di otot jantung dan rangka”
Sebuah jenis tertentu dari epicatechin kakao diberikan kepada tikus dua kali sehari selama 15 hari.
Pada saat yang sama, hewan lain menjalani 30 menit latihan treadmill setiap hari.
Para peneliti menemukan bahwa tikus yang hanya makan epicatechin memiliki kinerja latihan yang sama seperti hewan yang berjalan di treadmill.

Para ilmuwan berharap penelitian mereka, dipublikasikan dalam Journal of Physiology, akan mengarah pada cara yang lebih baik dalam memerangi kerusakan otot akibat penuaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s