MOS – Masa Orientasi Siswa

Hari ke-4 masa orientasi siswa (2 hari utk pra-MOS, dan 2 hari MOS) betul- betul menguras tenaga, bukan hanya untuk anak-anak, tapi kami juga orang tua.

Saya yakin sebagian besar orang tua siswa juga mengalami hal yang sama. Anak-anak di gojlok sepanjang hari di sekolah, kemudian menyelesaikan tugas-tugas dari panitia MOS.

Anak-anak tidak cukup tidur karena mengerjakan tugas sampai lewat tengah malam. Makan tidak teratur karena dini hari mereka sudah harus berangkat sekolah, siang tiba di rumah sudah lewat jam makan siang dan malam sering lupa makan karena sibuk dengan tugas-tugas yang diberikan.

Ngga masalah sih kalau tugasnya sekedar untuk lucu-lucuan. Tapi sudah dari masa pra-MOS, selalu ada kesalahan, justru karena panitia yang memberikan instruksi yang ngga jelas!
Warna kelompok yang katanya tidak tepat dengan yang dimaksud, sehingga siswa bolak-balik harus membeli bahan yang diperlukan. Pita, bungkus buku, tali, cetak foto…. Membuat orang tua harus ikut keliling kota untuk mencari bahan yang dimaksud. Sampai akhirnya ada yang putus asa, ya sudahlah biar dihukum saja. Capek dengan tugas yang ngga jelas….
Seandainya saja biaya untuk membeli peralatan ngga jelas itu ditotal, cukuplah untuk membeli buku LKS semester pertama. Sementara peralatan itu hanya akan dipakai untuk 5 hari masa MOS saja…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s