Tour de Java – Dieng 2

Jam 6.15 WIB pesawat mendarat dengan mulus di bandara Adi Sutjipto.
Mas Yoan dari Dieng Plateu Tour sudah siap menunggu bersama Pak’e dengan elf 14 seat. Mobil bersih dan ruangan terasa lega untuk kami bersepuluh sungguh membuat kami nyaman dalam perjalanan.
Di Tempel, Sleman kami mampir sarapan. Karena masih terlalu pagi, tidak ada banyak pilihan. Yah, sekedar pengganjal perut, bolehlah menu ala kadarnya.

Perjalanan ke Dieng ternyata cukup panjang dan melelahkan. 8 jam perjalanan dengan rute mendaki, ditambah hujan sejak dari Wonosobo. Syukurlah Pak’e supir yang handal. Tikungan, tanjakan, dapat dilewati dengan mulus.
Pemandangan yang indah saat memasuki kawasan Dieng betul-betul menghilangkan rasa penat kami. Ladang-ladang sayuran yang berbaris rapi sepanjang punggung gunung dan lembah sangat menyegarkan mata.
Kami baru tahu kalau ternyata Dieng punya tenaga panas bumi untuk pembangkit listriknya.

Jam 15 akhirnya kami tiba di tujuan, masih di bawah rintik hujan, sehingga Mbak Linda tour leader yang menyambut kami memutuskan untuk langsung ke Dieng Theatre dulu.
Kami menonton cerita tentang Dieng selama kurang lebih 20 menit. Penjelasan yang diberikan cukup membuka mata kami untuk tahu lebih banyak tentang Dieng.
Puji Tuhan keluar dari theatre, hujan sudah reda, tinggal kabut tebal saja. Kami langsung ke komplek candi.

Di situs itu terdapat 5 candi yang bisa kami lihat. Arjuna, Semar, Srikandi, Puntadewa, Sambadra. Selain itu kami juga melihat telaga Balai Kambang dan Pemandian Nawang Wulan. Mbak Linda menjelaskan dengan cukup detail.
Keluar dari situs candi, sudah jam 1745. Sudah terlalu malam untuk melanjutkan perjalanan. Akhirnya kami memutuskan untuk check in ke Nusa Indah homestay.

Kami mendapat 5 kamar. Bersama dengan kami, ada pula rombongan anak muda. Syukurlah mereka tidak terlalu ribut seperti umumnya anak muda yg dalam gerombolan. Setelah mandi air panas, menikmati makan malam yang enak, kami segera istirahat, untuk menyiapkan tenaga melanjutkan acara besok.
Besok kami akan dijemput jam 330, untuk perjalanan ke bukit Sikunir, melihat sunrise.