pendidikan budi pekerti…

Mengapa Australia yg dulu nenek moyangnya berasal dari Tahanan Kriminal Inggris kini mampu masuk dalam 10 negara terbaik untuk tempat tinggal manusia dan memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia….?
Mengapa Indonesia yg dulu nenek moyangnya berasal dari Orang2 yg Santun, Ramah dan Berbudi Pekerti Luhur kini masuk dalam kelompok Negara Gagal Dunia, dengan Tingkat Korupsi nomer 3 di dunia dengan tingkat kriminalitas yg sangat tinggi dan moral yg sangat rendah….?
Ternyata semua itu bermuara pada sistem pendidikan yg diselenggarakan Pemerintahnya.
Para Pendidik dan Guru di Australia lebih khawatir jika anak2 didik mereka tidak jujur, tidak mau mengantri dengan baik, tidak memiliki rasa empati dan hormat pada orang lain, dan etika moral lainnya ketimbang mereka tidak bisa membaca, menulis dan berhitung.
Guru2 di Australia lebih prihatin jika murid2 mereka memiliki prilaku moral yg kurang baik dari pada memiliki prestasi nilai akademik yg kurang baik. Mengapa ?
Karena menurut mereka untuk membuat anak mampu membaca menulis dan berhitung atau menaikkan nilai akademik, kita hanya perlu waktu 3 sampai 6 bulan saja secara intensif mengajarkannya. Tapi untuk mendidik prilaku moral seorang anak, kita membutuhkan waktu lebih dari 15 tahun untuk mengajarkannya.
Mengajarkan baca tulis hitung bisa di ajarkan kapan saja, bahkan jika seandainya mereka sudah dewasa dan tua sekalipun masih bisa dilakukan, Sementara mengjarkan Etika Moral waktunya sangat terbatas, dimulai saat Balita dan berakhir saat mereka Kuliah, selain itu untuk mengubah prilaku moral orang dewasa yg terlanjur rusak dan buruk, hampir sebagian besar orang tidak mampu melakukannya.
Bagaimana dengan pemikiran para pemerintah, pendidik, para guru dan orang tua di Indonesia…?
Keluarga Indonesia sy yakin jika kita semua segera tersadarkan dan segera bertindak benar, Indonesia masih bisa merubah kondisinya saat ini mulai darii keluarga kita sendiri tentunya!!

Satu tanggapan »

  1. Boleh tau, ada penelitian ttg ini atau ini tulisan dari pemikiran anda sendiri? Sanngat bagus. Kalau ada penelitian mengenai ini bahwa butuh waktu 15 tahun untuk pendidikan moral, boleh saya tahu?

    Suka

  2. Mbak Wita, saya dapat artikel ini dr teman di grup. saya share karena setuju banget dengan pembahasannya. Kata teman dia juga copas dr teman yg di Australia. Nanti kalau sdh dpt info jelas, akan saya update ya Mbak. Trims sdh mampir šŸ™‚

    Suka

Tinggalkan komentar